Rabu, 18 Juli 2012

Mimpi Mahasiswa Pertanian

Diposting oleh Auliya Elsa di 05.41

Saya adalah seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi pertanian di indonesia. Jika orang bertanya mengapa saya memilih perguruan tinggi tersebut jawabannya sangatlah sederhana karena merupakan salah satu universitas favorit dan tidak ada pilihan lain. Sebelumnya saya tidak mempunyai pengetahuan yang luas mengenai bidang pertanian. Saat itu yang ada dibenak saya pertanian sangat identik dengan sawah, petani dsb. Saya juga tidak mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai program studi yang saya ambil. Hal itu semua seketika berubah ketika saya sudah mulai belajar di bangku kuliah ini. Ternyata pertanian tidak sesempit yang saya pikirkan selama ini. Satu hal yang saya tangkap ternyata Indonesia memiliki potensi dalam bidang pertanian yang sangat besar. Saya mengutip pernyataan David McClelland yang menyatakan bahwa suatu negara dapat menjadi makmur bila mempunyai entrepeneur sedikitnya 2 persen dari jumlah penduduknya. Saat ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk mengembangkan kemampuan akademiknya namun juga jiwa entrepeneurship. Setiap tahunnya ada sekitar 2,6 juta sarjana yang menganggur karena minimnya lapangan kerja. Untuk mengatasinya dibutuhkan entrepeneur-entrepeneur yang mumpuni untuk mengurangi jumlah pengangguran tersebut. Sebagai mahasiswa pertanian hal ini menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis khususnya dalam bidang pertanian. Permintaan terhadap komoditi pertanian dari tahun ke tahun cenderung stabil dan sebagai negara yang penduduknya lebih dari 220 juta jiwa kebutuhan terhadap komoditi pertanian akan selalu ada. 
Hal itulah yang harus direnungkan oleh mahasiswa pertanian bagaimana cara untuk mengembangkan pertanian menjadi suatu bisnis yang profit oriented dalam segala aspek. Profit orinted disini bukan hanya dari segi materi namun dapat mencakup segala aspek misalnya masalah pengangguran. Namun, tidak hanya direnungkan tetapi harus ada action sehingga dapat terealisasi. Membangun jiwa entrepeneur tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya melalui pendekatan pendidikan. Dalam proses tersebut, terdapat penekanan sikap, moral dan etika selain unsur pengetahuan dan keterampilan. Hal inilah yang harus dimiliki oleh mahasiswa pertanian untuk memajukan pertanian Indonesia. Untuk mewujudkannya pun semuanya berawal dari mimpi. Namun, tidak hanya mimpi-mimpi saja tetapi harus ada kemauan. Agriculture-knowledge yang telah didapat harus diimbangi dengan skill yang mumpuni. Karena banyak sekali orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidang yang telah dipelajarinya. Pemahaman dan pressure mengenai pertanian itu sendiri harus dibangun sejak awal. Sehingga mahasiswa dapat lebih percaya diri dan dapat menggali self-knowledgenya untuk menjadi entrepeneur. Siapa lagi yang dapat memajukan pertanian Indonesia selain mahasiswa pertanian itu sendiri dan semuanya berawal dari mimpi yang harus dibangun mulai sekarang. Hidup mahasiswa pertanian Indonesia !!


AED :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

more than words Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos